Langsung ke konten utama

Tentang Katakerja yang Berusia Satu Tahun Kini

… …
I at twenty four, was insecure to whatever it takes
Come on now, wake up wake up
Shut up shut up, it’s time smell the coffe
… …

Smell The Coffee – The Cranberries



Sejak kecil saya senang mendengar lagu-lagu The Cranberries, mungkin karena itu pula saya merasa lirik lagu-lagunya menjadi penting dan mempengaruhi hidupku. Termasuk lagu di atas, saya menjadi sangat bersemangat ingin segera merasakan bagaimana saat saya berusia 24 tahun saat SMA. Apakah juga merasakan hal yang sama seperti pada lagu itu?
Saya kemudian sampai pada usia yang kuidamkan itu, setahun lalu. Apa yang terjadi?

Di usia 24 tahun saya baru bisa menyelesaikan kuliah, menjadi sarjana sastra. Di usia 24 tahun seorang teman yang sudah lama tak kutemui tiba-tiba mengajak saya bergabung mewujudkan idenya : katakerja. Inilah yang terjadi.

Aan mengajak saya mampir dan memajang beberapa karya kriya saya di sebuah rumah sekaligus kantor AcSI. Tentu langsung ku-iyakan. Ini kesempatan saya bisa bernapas lega setelah selesai kuliah, tidak perlu melewati fase pengangguran. Dan benar, setelah bergabung di katakerja saya merasa pintuku untuk berpetualang dan semakin hidup terbuka lebar. Di katakerja saya menemukan banyak teman baru, yang kemudian menjadi keluarga baru.

Ada 24 orang yang aktif sebagai pustakawan relawan di katakerja termasuk saya. Mulai dari nama yang huruf depannya A ada Aan, Accang, Ais, Agung, Aji, Ale Said, Ale, Arkil, dan Azis. Lalu menyusul alphabet lain ada Icha, Illank, Ibe, Kiky, Madi, Mawar, Mucha, Mul, Ocha, Ono, Randie, Viny, Weda, dan Weni.

Sebab hidup memaksa kita untuk terus belajar. Saya serasa lanjut kuliah di universitas baru, yakni katakerja.

Hal yang menjadikan katakerja bagi saya seperti sebuah universitas adalah saya bisa mengandalkan satu per satu dari mereka hal yang ingin kutanyakan. Misalnya saya ingin bertanya seputar kesehatan dan obat tradisional, ada Aji dan Azis yang bisa kutanyai kapan saja. Berbicara soal musik saya bisa bertanya kepada Ais, Ale Said, Ale Hariwibowo, atau Illank. Berbicara soal kepenulisan dan sastra ada Aan, Accang, Arkil, dan Ibe. Aan juga selalu memberikan ide kreatif soal mendekor ruangan katakerja. Tentang dunia penelitian saya mengandalkan bertanya kepada Agung, Mul, dan Weda. Jika ingin memperbaiki bahasa inggris-ku yang payah ini saya mencari Ocha. Bertanya tentang dunia radio ada Mawar. Kalau soal jahit menjahit pakaian serahkan pada Icha. Butuh teman yang rajin dalam banyak hal ada Ono. Teman berkeliaran dan yang selalu peduli sama kucing di katakerja ada Mucha. Weny yang selalu bersemangat jika urusan jalan-jalan ke pasar tradisional. Untuk urusan mengorganisir acara saya selalu berharap banyak pada Viny, Kiky, dan Madi. Dan Randi yang selalu kuandalkan untuk urusan mendesain dan menggambar, jari-jarinya sangat kreatif. Dan masih banyak lagi. Kami saling melengkapi, saling berdiskusi.

Kurang beryukur apa lagi saya atas teman-teman keren ini di katakerja? Saya selalu memimpikan memiliki banyak tangan seperti gurita, bersatu dengan mereka seperti menjadi sebuah gurita. Banyak hal yang kami lakukan bersama. Menangis, marah, tertawa, kelaparan, kekenyangan, sibuk, dan segalanya.

Setiap bulan kami menyusun kalender kegiatan yang kadang kami tak sadar ternyata kami ingin selalu belajar banyak hal. Kami tentu sering kelelahan meski selalu terbayar usai mengadakan satu kegiatan terutama kegiatan menyimak. Semua selalu terbayar saat selesai cuci piring dan kami tertawa bersama. Ah… ada banyak hal yang sangat melekat dan selalu membuat saya bangga pada mereka, pustakawan katakerja. Dan hal yang selalu Aan ingatkan kepada kami, katakerja kita buat untuk belajar, terutama untuk diri kita sendiri. Hingga kini sudah ada banyak kelas yang kami adakan bersama. Siapapun bisa ikut belajar desain, penyiaran, menulis, menggambar, bahasa inggris, aksara lontara, dan mendaur ulang.

Kami sepakat dari awal untuk terbuka satu sama lain. Setiap tanggal 28 kami mengadakan semacam rapat bulanan yang agendanya menyusun kalender bulan berikutnya dan saling menumpahkan curahan hati tentang kemarahan, kekesalan, keresahan masing-masing. Karena dari awal selalu terbuka, membuatku sadar katakerja satu-satunya tempat saya menjadi diri saya yang sebenarnya. Jika ingin melihat bagaimana cerewet dan gilanya saya, datanglah ke katakerja. Saya benar-benar diri saya di sini. Katakerja adalah keluarga.
Bukan hanya dengan para pustakawan. Saya mendapatkan banyak teman baru dari pengunjung katakerja. Saya banyak belajar dari para pengunjung katakerja juga.

Saya tak henti menyukuri berharganya momen usiaku ke 24 bersama mereka, bersama katakerja.

Jika surga tidak ada, perpustakaan katakerja sudah cukup bagi saya. Surga bagi segala informasi yang kutemukan dari buku-buku dan dari para pustakawan yang keren ini.

Selamat ulang tahun katakerja. Terima kasih untuk kalian yang pernah mengisi acara dan kelas di katakerja.
Terima kasih untuk kalian yang pernah berkunjung di katakerja.
Terima kasih untuk segala keceriaan dan kebahagiaan selama satu tahun ini.
Kalian batu dan menggelinding :D

Komentar

  1. bang masih jual buku komik gak? kalo masih jual alamatx dimana ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Frasa Drop the Bass Line dan nostalgia EDM

Saat saya berulang tahun kemarin, diantara semua ucapan selamat, Sami yang paling berkesan menurutku. Dia bilang begini: “Selamat Ultah Mba Eka, Jaya Selalu, Drop the Bass Line Selalu” Lalu dilanjutkan dengan obrolan panjang kami tentang musik dub, seperti biasa. Oke. Tidak ada bahagia selalu, sehat selalu. Yang ada malah ketemu sama "Jalasveva Jayadub" yang membuat mood ku sangat ceria seharian kemarin :D Well, saya memang tidak begitu lama mengenal Sami, baru beberapa minggu terakhir sejak diperkenalkan oleh Dindie. Tapi saya sudah tahu Roadblock DubCollective sejak beberapa tahun lalu dan Sami adalah bagian dari itu. Saya sering mendengar istilah “Drop the Bass” dan sering menemukannya menjadi meme yang beredar di dunia maya. Saya pernah mencari tahu tentang asal-usul istilah ini dan beruntung ada banyak artikel yang membahasnya. Bahwa "Drop the Bass" menjadi slogan yang terkait dengan penurunan, atau titik klimaks pada trek musik elektro

Gadis Bugis dan Anarkis Feminis

Dulu saya tidak suka mendengar kata aktivis seperti halnya saya tidak menyukai kata feminis, LGBT, ganja, anarkisme, dan segala hal yang “dibenci” oleh masyarakat umum. Sialnya saya terjebak di perpustakaan, membaca banyak literatur dan membuat segala hal yang awalnya kubenci karena tidak kuketahui, menjadi sesuatu yang biasa saja. Saya merasa sial karena pikiranku akhirnya dipenuhi dengan agenda untuk merubah segala sesuatunya, yang rasanya tampak mustahil. Tapi apa yang lebih memalukan daripada mengingkari ilmu pengetahuan? Dalam KBBI, aktivis berarti orang (terutama anggota organisasi politik, sosial, buruh, petani, pemuda, mahasiswa, wanita) yang bekerja aktif mendorong pelaksanaan sesuatu atau berbagai kegiatan dalam organisasinya. Sebenarnya tulisan ini bermula dari obrolan saya bersama tim riset Active Society Institute dan MAUPE Maros. Saya bergabung membantu Active Society Institute dalam riset berjudul Kerentanan Kehidupan Perempuan Pedagang di Pasar Terong dan us